Senin, 25 Juni 2012

MEDIA PRESENTASI DAN MEDIA VIDEO


NAMA                  : ALKODRI
NIM                       : 332011001
MATA KULIAH   : MEDIA PEMBELAJARAN
KELAS                    : A/II
PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI DAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO
Jelaskan dan bandingkan mana yang lebih efektif cara pembuatan media presentasi dan pembuatan media video oleh peserta didik dan kutipan bukunya?
            PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI
1.Pengrtian Media
            Kata media berasal dari kata latin yang adalah bentuk jamak dari medium ,mengenai pengertian media sangat luas,namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.”medium didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim ,menuju penerima.”(Heinich et.al., 2002;ibrahim, 1997;ibrahim et.al., 2001).
Secara umum dapat dikatakan media mempunyai kegunaan,antara lain:
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2.      Mengatasi keterbatasan ruang,waktu tenaga dan daya indra.
3.      Menimbulkan gairah belajar,interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4.      Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5.      Memberikan rangsangan yang sama,mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
6.      Proses pembelajaran mengandung lima komponen, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan pengajaran.

2.Media presentasi
            Media presentasi adalah pesan atau materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji atau proyektor.biasanya materi yang disajikan berupa teks,gambar,animasi dan video yang digabung dalam kesatuan yang utuh.
Bekat keefektifannya dalam penyajian pesan,maka saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.
a.      Aplikasi yang digunakan.
Sekarang sudah banyak penggunaan presentasi multimedia.contohnya perangkat lunak software yang digunakan untuk membuat media presentasi dan banyak jenis software yang harus dibeli atau didapat misalnya:program visual basic,makromedia flash, direktor, authorware, dream weaver dan masih banyak lagi.Naa diantara banyak jenis software tersebut, salah satunya biasa digunakan dikalangan pendidik khususnya guru adalah microsoft powerpoint.
b.      Prinsip pengembangan media presentasi untuk pembelajaran.
Beberapa prinsip berikut perlu anda pertimbangkan ketika akan mengembangkan media presentasi:
-          Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional.
-          Harus diingat bahwa media presentasi berfungsi sebagai alat bantu mengajar.
-          Pengembangan media presentasi seyokyanya mempertimbangkan atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh jenis media presentasi itu.
-          Prinsip kebenaran materi dan kemenarikan sajian.Materi yang disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik.

c.       Teknis penulisan naskah pada media presentasi.
Kegiatan yang kita lakukan pada saat menulis naskah media presentasi adalah mengurangi materi-materi pokok sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.Agar materi tersebut dapat dituangkan kedalam media presentasi dengan baik,adapun beberapa teknis yang harus diperhatikan antara lain:
-          Tetukan topik sesuai dengan materi yang disampaikan.
-          Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
-          Identitas bahan-bahan tersebut untuk diseleksi mana yang sesuai dengan karakteristik media presentsi.
-          Tuangkanlah pesan-pesan yang akan disajikan dalam bentuk teks(kata-kata), gambar, animasi dan lain-lain.
-          Pastikan bahwa materi yang ditulis telah cukup lengkap,jelas dan mudah dipahami oleh peserta.
-          Sajikan isi materi secara berurut dan sistematis agar mempermudah penyajian dan pesan mudah dipahami.

d.      Langkah-langkah pembuatan media presentasi.
Langkah-langkah pembuatan media presentasi misalnya dengan menggunakan program aplikasi microsoft powerpoint XP 2003 adapun langkah-langkahnya:
1.      Membuka program.
2.      Mulai menulis.
3.      Memberi warna teks.
4.      Membuat animasi teks.
5.      Memberi background pada tampilan slide.
6.      Masukkan gambar dengan teknik insert.
7.      Masukkan video dengan teknik insert.
8.      Membuat hyperlink pada media presentasi.
Kelemahan media presentasi ini disajikan hanya dalam bentuk teks dan kebanyakan hanya berbentuk animasi-animasi gambar saja.Sedangkan kelebihannya ini bahan materi-materinya mudah didapat dan pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya pembuatannya.
             PEMBUATAN MEDIA VIDEO
            Menurut ahli media merupakan “salah satu komponen komunikasi yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan.”(Criticos,1996).
a. Aplikasi yang digunakan.
                        Sekarang sudah banyak menggunakan media video dalam proses pembelajaran karena media ini lebih mudah digunakan dan memberikan kesan khusus kepada peserta didik.Agar peserta didik tidak bosan dan dapat membangkitkan gairah belajar kepada peserta didik.Alat yang digunakan dalam proses pembuatan media video ini yang pasti kamera video dan masih banyak alat-alat yang lainnya.
            b. Prinsip pengembangan media video untuk pembelajaran.
                        Adapun beberapa prinsip beriku perlu anda pertimbangkan ketika akan mengmbangkan media video antara lain:
-          Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional.
-          Unsur yang perlu digunakan pada media ini harus memiliki kemampuan gambar-gambar yang pas agar lebih menarik dilihat.
-          Media ini juga sebagai alat bantu menyajikan suatu materi.
-          Yang pasti materi atau video yang disajikan harus menarik perhatian peserta didik.
-          Durasinya kalau bisa jangan terlalu lama dan juga jangan terlalu cepat sehingga peserta didik tidak mudah bosan supaya dapat memberikan motivasi/keinginan kepada peserta didik menerima materi seperti itu.
-          Membuatnya jangan asal-asal aja,harus secara teliti dan pengambilan gambarnya sempuran.
c. Cara pembuatan media video.
                        Pembuatan media video tidak semudah pembuatan media presentasi karena pembuatan media video ini kita harus menentukan realita apa yang akan kita buat,siapakah tokoh-tokoh yang akan kita gunakan alat-alat yang digunakan pasti lumayan banyak dan selanjutnya itu dalam proses pengmbilan gambar kita harus terjun langsung kelapangan.
Kelebihan menggunakan media video ini antara lain ukuran tampilan video sangat fleksibel dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan,bahan ajaran non cetak,kaya informasi dan lugas karena dapat disampaikan kepada peserta didik secara langsung,dan menambah suatu dimensi baru dalam proses pembelajaran.
Kelemahan media video ini antara lain:
-          Fine details artinya media tayangannya tidak dapat menampilkan obyek sampai yang sekecil-kecilnya dengan sempurna.
-          Size information artinya tidak dapat menampilkan obyek dengan ukuran yang sebenarnya.
-          Third dimention artinya gambar yang diproyeksikan oleh video umumnya berbentuk dua dimensi.
-          Opposition artinya mengambil yang kurang tepat dapat menyebabkan timbulnya keraguan penonton dalam menafsirkan gambar yang dilihat.
-          Setting artinya kalau kita tampilkan adegan dua orang yang sedang bercakap-cakap diantara kerumunan banyak orang,akan sulit bagi peserta didik umtuk menebak dimana kejadian tersebut berlangsung.
-          Material pendukung video membutuhkan alat proyeksi untuk dapat menampilkan ganbar yang ada didalamnya.
-          Budget artinya biaya untuk membuat program video membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi saya dapat membandingkan atau menyimpulkan mana yang lebih efektif dibuat oleh peserta didik dalam subuah pembelajaran yaitu pembuatan media presentasi karena pembuatan media presentasi lebih mudah didapat bahannya pembuatannya tidak terlalau rumit,dan dalam penyajiannya kepada peserta didik lebih efesien dibandingkan pembuatan media video karena media video pembuatannya sangat rumit dimana harus menggunakan alat-alat yamg banyak dan disamping itu juga biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit dan peserta didik harus ekstra kerja keras dalam pembuatan media video sebab harus terjun kelapangan langsung dan pengambilan gambarnya harus baik dan tidak melenceng dari skenario yang dibuat.
                                                TERIMAKASIH

1 komentar:

  1. đồ gia dụng thông minh
    I think other site proprietors should take this web site as an model, very clean and wonderful user genial style and design, as well as the content. You are an expert in this topic!

    BalasHapus