Senin, 25 Juni 2012

MEDIA PEMBELAJARAN KELOMPOK 8


PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
     Seperti yang telah diuraikan pada bagian terdahulu bahwa media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Teknologi yang paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar prinsip mekanis. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikroprosesor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegitan interaktif (Seels & Richey, 1994). Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dikelompokkan kedalam empat kelompok, yaitu (1) mdia hasilm cetak, (2)media hasil teknologi audio visual, (3) media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, dan (4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.
     Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, sweperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses percatakan mekanis atau fotografis.Teknologi cetak memiliki ciri- ciri berikut:
a.       Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang
b.      Baik teks maupun visual menampilkan satu arah dan represif
c.       Teks dan visual ditampilkan statis (diam)
d.      Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip- prinsip kebahasan dan persepsi visual
e.       Baik teks maupun visual berorientasi (berpusat) pada siswa
f.       Informasi dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai
Teknologi audio visual cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan- pesan audio dan visual.Ciri- cirri utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut :
a.       Mereka biasanya bersifat linear
b.      Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis
c.       Mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya
d.      Mereka merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak
e.       Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif
f.       Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat perlibatan interaktif murid yang rendah.
Teknologi berbasis komputermerupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkn oleh teknologi berbasis computer dengan yang dihasilkan dari dua teknologi lainnya adalah karena informasi/ materi disimpan dalam bentuk digital. Beberapa ciri media yang dihasilakn teknologi berbasis komputer (baik perangakat keras maupun perangkat lunak) adalah sebagai berikut ;
a.       dapat digunakan secara acak, non- sekuensial, atau secara linear
b.      dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/ pengembang sebagaimana direncanakannya
c.       Biasanya gagasan- gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata simbol, dan grafik
d.      Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e.       Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentukmedia yang dikendalikan oleh komputer. Beberapa  ciri utama teknologi berbasis komputer adalah sebagai berikut :
a.       Digunakan secara acak, sekuensial, secara linear
b.      digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya
c.       Gagasan sering disajaikan secara realistic dalm konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa, dan dibawah pengendalian siswa
d.      Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran
e.       Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajara  itu digunakan
f.       Bahan- bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa
g.      Bahan- bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Pengelompokkan jenis media oleh Seels & Glasgow (1990: 181- 183) dibagi kedalam dua kategori luas, yaitu :
1.      Pilihan Media Tradisional
a.       visual diam yang diproyeksikan yaitu, proyeksi opaque, proyeksi overhead, slides, flimstrips
b.      visual yang tak diproyeksikan yaitu, gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan bulu.
c.       Audio yaitu, rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge.
d.      Penyajian multimedia yaitu, slides plus suara, multi-image
e.       Visual dinamis yang diproyeksikan yaitu, flim, televise, video.
f.       Cetak  seperti, buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas.
g.      Permainan seperti, teka-teki, simulasi, permainan papan.
h.      Realia seperti, model, specimen, manipulative.
2.      Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a.       Media berbasis telekomunikasi seperti, telekonferen, kuliah jarak jauh.
b.      Media berbasis mikro prosesor seperti, computer-assissted instruction, permainan computer, system tutor intelejen, interaktif, hypermedia, compact video disk.

Pengertian dari media mutakhir secar ringakas disajikan berikut ini.
Telecoference adalah suatu teknik komunikasi dimana kelompok- kelompok yang berada dilokasi geografis berbeda menggunakan mikrofon dan amplifer khusus yang dihubungkan satu dengan lainnya sehingga setiap orang dapat berpartipasi dengan aktif dalam suatu pertemuan besar dan diskusi.
Kuliah jarak jauh (telelecture)adalah suatu teknik pengajaran diman seseorang ahli dalam sutau bidang ilmu tertentu menghadapi sekelompok pendengar yang mendengar melalui amplifier telepon.
Computer- assisted instruction adalah suatu system penyampaian materi pelajaran berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram kedalam system tersebut.
Hypertext adalah suatu tulisan yang tak berurutan nonsekuensial.
Hypermedia adalah perluasan dari hypertext yang menggabungkan media lain kedalam teks.
Sistem tutor intelijen adalah pengajara dengan bantuan komputer yang memiliki kemampuan untuk berdialog dengan siswa dan melalui diaolog itu siswa dapat mengarahkan jalannya pelajaran.
Interactive video adalah suatu sistempenyampaian pengajaran dimana materi video rekaman disajikan denagn pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan responsyang aktif, dan resp[on itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian.
Compact video disc adalah sistem penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio- visual direkam pada disket plastic, bukan pada pita magnetic.
Kemp & Dayton (1985)  mengelompokkan media kedalam delapan jenis, yaitu :
 1. media cetakan
 2. media panjang  
 3.overhead transparacies  
4.rekaman audiotape  
5.seri slide dan film strips
6.penyajian multi image
 7.rekaman video dan film hidup
8. komputer.
Media cetakan meliputi bahan- bahan yang disiapkan diatas kertas untuk pengajaran dan informasi . Disamping buku teks atau ajar, termasuk pula lembaran penuntun berupa dafter cek tentang langkah- langkah yang harus diikuti ketika mengoperasikan sesuatu peralatan atau memelihara peralatan. Penuntun belajar adalah bentuk media cetak lain yang mempersiapkan dan mengarahkan siswa bagaimana untuk maju ke unit berikutnya dan m enyelesaikan mata pelajaran
Teks terprogram adalah salah satu jenis media cetakan yang banyak cetakan . Beberapa kelebihan media cetaka, termasuk teks terprogram, adalah :
a.       Siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepaan masing- masing.
b.      Disamping dapat mengulangi  materi dalam media cetakan, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis.
c.       Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak sudah merupakan hal lumrah, dan ini dapat menambah daya tarik, serta dapat mempelancar pemahaman informasi  yang disajikan dalam dua format, verbal dan visual
d.      Khusus pada teks terprogram, siswa akan berpartipasi/ berinteraksi aktifkarena harus member respons ter5hadap pertanyaan dan latihan yang disusun, siswa dapat segera mengetahui apakah jawabannya benar atau salah
e.       Meskipun isi informasi media cetak harus diperbaharui dan direvisi  sesuai dengan perkembangan dan temuan- temuan baru dalam biadang ilmu itu, materi tersebut dapat direproduksi  dengan ekonomis dan didistribusiakan dengan mudah
Keterbatasan media cetakan :
a.       Sulit menemukan gerak dalam halaman media cetakan
b.      Biaya pencetakan akan mahal apabila ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna- warni.
c.       Proses pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari sampai berbulan- bulan, tergantung pada peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan
d.      Perbagian unit- unit pelajaran dalm media cetakan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu panjang dan dapat membosankan siswa
e.       Umumnya media cetakan dapatmembawa hasil yang baik jika tujuan pelajaran itu bersifat kognitif, misalnya belajar tentang fakta dan keterampilan.
f.       Jika tidak dirawat dengan baik, media cetakan cepat rusak atau hilang.
Media panjang pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi didepan kelompokm kecil. Media ini meliputi papan tulis, flip chart, papan magnet, papam kain, papan bulletin dan pameran. Papan bulletin berfungsi sama dengan papan magnetik tetapi dapat pula digunakan untuk menampilkan visual tiga dimensi. Kelebihan dan keterbatasan media pamer ini adalah sebagai berikut .
Kelebihan
a.       Bermanfaatdiruang manapun tanpa harus ada penyesuaian khusus
b.      Pemakai dapat secara fleksibel membuat perubahan- perubahan sementara penyajian berlangsung.
c.       Mudah dipersiapka dan materinya mudah digunakan
d.      Fasilitas papan tulis selalu tersedia di ruang- ruang kelas
Keterbatasan
a.       Terbatasnya penggunaannya pada kelompok kecil
b.      Memerlukan keahlian khusus dari enyajinya (apa lagi jika memerlikan penjelasan verbal)
c.       Mungkn tidak dianggap penting jika dibandingkandenagn media- media diproyeksikan
d.      Pada saat menilis dipapan, guru membelakangi siswa, dan jika ini berlangsung lama tentu akan mengganggu suasana dan pengelolaan kelas.
Proyektor Transparansi (OHP)
Transparansi yang diproyeksikan adalah visual baik berupa huruf, lambing, gambar, grafik, atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastic yang dipersiapkan untk diproyeksikan kesebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor.
Kelebihan OHP :
a.       Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat
b.      Dapat menjangkau kelompok yang besar
c.       Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa Karen aOHP dapat diletakkan didepan kelas, dan dengan demikian ia selalu dapatmengendalikan kelasnya
d.      Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik dibuat secara manual maupun yang melalui proses cetak, sal;in, dan kimia.
e.       Peralatannya mudah dioperasiakn dan tidak memerlukan perawatan khusus
f.       Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna
g.      Dapat disimpan dan digunakan berulang kali
h.      Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi

Keterbatasan OHP :
a.       Fasilitas OHP harus tersedia
b.      Listrik padaruang/ lokasi penyajiaan harus tesedia
c.       Tanpa layar dapat dimiringkan (misalnya hanya menggunakan dinding/tembok atau layar lurus), sulit untk mengatasi distorsitayangan yang berbentuk trapezium (keystoning)
d.      Harus memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun penyimpanan.
Rekaman Audiio Tape
Materi rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu. Sudjana &Rivai (1991: 130) mengemukakan hubungan media audio dengan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan aspek- aspek keterampilan mendengar. Keterampilan yang dapat dicapai denagn penggunaan media audio meliputi:
1.      Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian
2.      Mengikuti pengarahan
3.      Melatih daya analis
4.      Menentukan arti dari konteks
5.      Memilah- milah informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan
6.      Merangkum, mengemukakan kembali, atau mengingat kembali informasi
Keuntungan rekaman audio tape:
1.      Radio tape telah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan (walkman)
2.      Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada dibeberapa tempat pada waktu yang bersamaan
3.      Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio
4.      Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu meningkatkan ketrerampilan mengucapkan, membaca, mengaji atau berpidato
5.      Pengoperasian radio tape relative mudah
Keterbatasan rekaman audio tape:
1.      Dalam suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi
2.      Kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam- macam menimbulkan keulitan untuk memainkan kembalirekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya.
Slides
Slides (film bingkai) adalah suatu film transparansi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci. Program kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya berkisar antara 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi dari 10 sampai 100 buah lebih.
Keuntungan  slides :
1.      Urutan gambar (film bingkai) dapat diubah- ubah sesuai dengan kebutuhan
2.      Isi pelajaran yang sama terdapat dalam gambar- gambar film bingkai dapat disebarkan dan digunakan di berbagai tempat secara bersamaan
3.      Gambar pada flm bingkai tertentu dapat ditayangkan lebih lama dan dengan demikian dapat menarik perhatian dan membangun persepsi siswa yang sama terhadap konsep atau pesan yang ingin disampaikan
4.      Film bingkai dapat ditayangkan pada ruangan masih terang
5.      Film bingkai dapat menyajikan gambar dan grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada kelompok atau perorangan dengan usia tiada terbatas
6.      Film bingkai dapat digunakan sendiri atau digabung dengan suara/ rekaman
7.      Film bingkai dapat menyajikan peristiwa masa lalu atau peristiwa ditempat lain
Keterbatasan slides:
1.      Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televise atau film
2.      Film bingkai terlepas- lepas, dan ini merupakan suatu titik keunggulan sekaligus kelemahannya, karena memerlukan perhatian untuk penyimpanannya agar film- film bingkai itu tidak hilang atau tercecer
3.      Meskipun biaya produksinya tidak terlalu mahal, film bingkai masih memerlukan biaya lebih besar daripada pembuatan media foto, gambar, grafik yang tidak diproyeksikan
Film dan Video
Film atau gambar hidup merupakan gambar- gambar dalam frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar it hidup. Film bergerak dengan cepat dan bergantian sehingga memberikan visual yang kontinu. Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama- sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai.
Keuntungan film dan video :
1.      Film dan video dapat melengkapi pengalaman- pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain- lain.
2.      Film dan video dapatmenggambarkan suatu proses secara tepat yang disaksikan secara berulang- ulang jika dipandang perlu
3.      Di samping mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi- segi afektif lainnya
4.      Film dan video yang mengandung nilai- nilai positif dapat mengundang pemikiran pemikiran dan pembahasan dalm kelompok siswa
5.      Film bingkai dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara langsung seperti lahar gunung berapi atau perilaku binatang buas
6.      Film dan video ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan
7.      Dengan kemampuan dan teknik pengambilan gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan  waktu satu dapat ditampilkan dalm satu atau dua menit
Keterbatasan film dan video:
1.      Pengadaan film dan video umumnya memerukan biaya mahal dan waktu yang banyak
2.      Pada saat film dipertunjukkan, gambar- gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan melalui film tersebut
3.      Film dan video yang tersedia tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan, kecuali film dan video itu dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri
Televisi
Televisi adalahsistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara kedalam gelombang elektrik dan mengkonversinya kembali kedalam cahaya yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar.Tevisi pendidikan adalah penggunaan program video yang dirangcang untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya.
Keuntungan televisi:
1.      Televise dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio- visual termasuk gambar diam, film, objek, specimen, dan drama
2.      Televise bias menyajikan model dan contoh- contoh yang baik bagi siswa
3.      Televise dapat membawa dunia nyata kerumah dank e kelas- kelas
4.      Televise dapat memberikan kepada siswa peluang untuk merlihat dan mendengar diri sendiri
5.      Televise dapat menyajikan program- program yang dapat dipahami siswa denagn usia dan tingkatan pendidikan yang berbeda00 beda
6.      Televise dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
7.      Televisai dapat menghemat waktu guru dan siswa
Keterbatasan televisi:
1.      Televise hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
2.      Televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan- pesannyasesuai denagn kemampuan individual siswa
3.      Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
4.      Layar pesawat televise tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan
5.      Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi denagn guru, dan siswa jadi bersikap pasif selama penayangan.   
Komputer
Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. Satu unit komputer terdiri atas empat komponen dasar, yaitu input, prosesor, penyimpanan data, dan output monitor.
Keuntungan komputer:
1.      Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban m enerima pelajaran
2.      Komputer dapat merangsang siswa untk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium, atau simulasi karena tersedianya animasi grafik, warna, dan music yang dapat menambah realism
3.      Kendali berada ditangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya
4.      Kemampuan merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran member kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa dapat dipantau
5.      Dapat berhubungan dengan, dan mengendalikan, peralatan lain seperti compact disc, video tape, dan lain- lain dengan program pengendalian dari komputer
Keterbatasan computer :
1.      Meskipun harga perangkat keras komputer cenderung semakin menurun (murah), pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal
2.      Untuk menggunakan komputer diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang komputer
3.      Keberagaman model komputer (perangkat keras) sering menyebabkan program (software) yang tersedia untuk satu model tidak cocok (kompatibel) dengan model lainnya
4.      Program yang tersedia saat ini belum menperhitungkan kreativitas siswa, sehingga hal tersebut tentu tidak akan dapat mengembangkan kreativitas siswa
5.      Komputer hanya efektif bila digunakan oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil

Makalah media pembelajaran

Oleh kelompok 8
Anggota:
1.           Al kodri
2.           Megawanora
3.           Dita Dwinta
4.           Masnun Sarah Ayu

Universitas Muhammadiyah Palembang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar