PENGENALAN
BEBERAPA MEDIA
Seperti yang telah diuraikan pada bagian
terdahulu bahwa media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang
meliputi pesan, orang, dan peralatan. Teknologi yang paling tua yang
dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar
prinsip mekanis. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikroprosesor
yang melahirkan pemakaian komputer dan kegitan interaktif (Seels & Richey,
1994). Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat
dikelompokkan kedalam empat kelompok, yaitu (1) mdia hasilm cetak, (2)media
hasil teknologi audio visual, (3) media hasil teknologi yang berdasarkan
komputer, dan (4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.
Teknologi cetak adalah cara untuk
menghasilkan atau menyampaikan materi, sweperti buku dan materi visual statis
terutama melalui proses percatakan mekanis atau fotografis.Teknologi cetak
memiliki ciri- ciri berikut:
a. Teks
dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang
b. Baik
teks maupun visual menampilkan satu arah dan represif
c. Teks
dan visual ditampilkan statis (diam)
d. Pengembangannya
sangat tergantung kepada prinsip- prinsip kebahasan dan persepsi visual
e. Baik
teks maupun visual berorientasi (berpusat) pada siswa
f. Informasi
dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai
Teknologi
audio visual cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan
mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan- pesan audio dan
visual.Ciri- cirri utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut :
a. Mereka
biasanya bersifat linear
b. Mereka
biasanya menyajikan visual yang dinamis
c. Mereka
digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/
pembuatnya
d. Mereka
merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak
e. Mereka
dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif
f. Umumnya
mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat perlibatan interaktif murid yang
rendah.
Teknologi
berbasis komputermerupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan
menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro prosesor. Perbedaan antara media
yang dihasilkn oleh teknologi berbasis computer dengan yang dihasilkan dari dua
teknologi lainnya adalah karena informasi/ materi disimpan dalam bentuk digital.
Beberapa ciri media yang dihasilakn teknologi berbasis komputer (baik
perangakat keras maupun perangkat lunak) adalah sebagai berikut ;
a. dapat
digunakan secara acak, non- sekuensial, atau secara linear
b. dapat
digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/
pengembang sebagaimana direncanakannya
c. Biasanya
gagasan- gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata simbol, dan grafik
d. Prinsip-prinsip
ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e. Pembelajaran
dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi
Teknologi
gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang
menggabungkan pemakaian beberapa bentukmedia yang dikendalikan oleh komputer.
Beberapa ciri utama teknologi berbasis
komputer adalah sebagai berikut :
a. Digunakan
secara acak, sekuensial, secara linear
b. digunakan
sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan
diinginkan oleh perancangnya
c. Gagasan
sering disajaikan secara realistic dalm konteks pengalaman siswa, menurut apa
yang relevan dengan siswa, dan dibawah pengendalian siswa
d. Prinsip
ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan
pelajaran
e. Pembelajaran
ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika
pelajara itu digunakan
f. Bahan-
bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa
g. Bahan-
bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Pengelompokkan
jenis media oleh Seels & Glasgow (1990: 181- 183) dibagi kedalam dua
kategori luas, yaitu :
1. Pilihan
Media Tradisional
a. visual
diam yang diproyeksikan yaitu, proyeksi opaque, proyeksi overhead, slides, flimstrips
b. visual
yang tak diproyeksikan yaitu, gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram,
pameran, papan info, papan bulu.
c. Audio
yaitu, rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge.
d. Penyajian
multimedia yaitu, slides plus suara, multi-image
e. Visual
dinamis yang diproyeksikan yaitu, flim, televise, video.
f. Cetak seperti, buku teks, modul, teks terprogram,
workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas.
g. Permainan
seperti, teka-teki, simulasi, permainan papan.
h. Realia
seperti, model, specimen, manipulative.
2. Pilihan
Media Teknologi Mutakhir
a. Media
berbasis telekomunikasi seperti, telekonferen, kuliah jarak jauh.
b. Media
berbasis mikro prosesor seperti, computer-assissted instruction, permainan
computer, system tutor intelejen, interaktif, hypermedia, compact video disk.
Pengertian
dari media mutakhir secar ringakas disajikan berikut ini.
Telecoference
adalah suatu teknik komunikasi dimana kelompok- kelompok yang berada dilokasi
geografis berbeda menggunakan mikrofon dan amplifer khusus yang dihubungkan
satu dengan lainnya sehingga setiap orang dapat berpartipasi dengan aktif dalam
suatu pertemuan besar dan diskusi.
Kuliah
jarak jauh (telelecture)adalah suatu teknik pengajaran diman seseorang ahli
dalam sutau bidang ilmu tertentu menghadapi sekelompok pendengar yang mendengar
melalui amplifier telepon.
Computer-
assisted instruction adalah suatu system penyampaian materi pelajaran berbasis
mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram kedalam system
tersebut.
Hypertext
adalah suatu tulisan yang tak berurutan nonsekuensial.
Hypermedia
adalah perluasan dari hypertext yang menggabungkan media lain kedalam teks.
Sistem
tutor intelijen adalah pengajara dengan bantuan komputer yang memiliki
kemampuan untuk berdialog dengan siswa dan melalui diaolog itu siswa dapat
mengarahkan jalannya pelajaran.
Interactive
video adalah suatu sistempenyampaian pengajaran dimana materi video rekaman
disajikan denagn pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya
mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan responsyang
aktif, dan resp[on itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian.
Compact
video disc adalah sistem penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio-
visual direkam pada disket plastic, bukan pada pita magnetic.
Kemp
& Dayton (1985) mengelompokkan media
kedalam delapan jenis, yaitu :
1. media cetakan
2. media panjang
3.overhead transparacies
4.rekaman
audiotape
5.seri
slide dan film strips
6.penyajian
multi image
7.rekaman video dan film hidup
8.
komputer.
Media
cetakan meliputi bahan- bahan yang disiapkan diatas kertas untuk pengajaran dan
informasi . Disamping buku teks atau ajar, termasuk pula lembaran penuntun
berupa dafter cek tentang langkah- langkah yang harus diikuti ketika
mengoperasikan sesuatu peralatan atau memelihara peralatan. Penuntun belajar
adalah bentuk media cetak lain yang mempersiapkan dan mengarahkan siswa bagaimana
untuk maju ke unit berikutnya dan m enyelesaikan mata pelajaran
Teks
terprogram adalah salah satu jenis media cetakan yang banyak cetakan . Beberapa
kelebihan media cetaka, termasuk teks terprogram, adalah :
a. Siswa
dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepaan masing- masing.
b. Disamping
dapat mengulangi materi dalam media
cetakan, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis.
c. Perpaduan
teks dan gambar dalam halaman cetak sudah merupakan hal lumrah, dan ini dapat
menambah daya tarik, serta dapat mempelancar pemahaman informasi yang disajikan dalam dua format, verbal dan
visual
d.
Khusus pada teks terprogram, siswa akan
berpartipasi/ berinteraksi aktifkarena harus member respons ter5hadap
pertanyaan dan latihan yang disusun, siswa dapat segera mengetahui apakah
jawabannya benar atau salah
e.
Meskipun isi informasi media cetak harus
diperbaharui dan direvisi sesuai dengan
perkembangan dan temuan- temuan baru dalam biadang ilmu itu, materi tersebut
dapat direproduksi dengan ekonomis dan
didistribusiakan dengan mudah
Keterbatasan media
cetakan :
a.
Sulit menemukan gerak dalam halaman
media cetakan
b.
Biaya pencetakan akan mahal apabila
ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna- warni.
c.
Proses pencetakan media seringkali
memakan waktu beberapa hari sampai berbulan- bulan, tergantung pada peralatan
percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan
d.
Perbagian unit- unit pelajaran dalm
media cetakan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu panjang
dan dapat membosankan siswa
e.
Umumnya media cetakan dapatmembawa hasil
yang baik jika tujuan pelajaran itu bersifat kognitif, misalnya belajar tentang
fakta dan keterampilan.
f.
Jika tidak dirawat dengan baik, media
cetakan cepat rusak atau hilang.
Media
panjang pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi didepan
kelompokm kecil. Media ini meliputi papan tulis, flip chart, papan magnet,
papam kain, papan bulletin dan pameran. Papan bulletin berfungsi sama dengan
papan magnetik tetapi dapat pula digunakan untuk menampilkan visual tiga
dimensi. Kelebihan dan keterbatasan media pamer ini adalah sebagai berikut .
Kelebihan
a.
Bermanfaatdiruang manapun tanpa harus
ada penyesuaian khusus
b.
Pemakai dapat secara fleksibel membuat
perubahan- perubahan sementara penyajian berlangsung.
c.
Mudah dipersiapka dan materinya mudah
digunakan
d.
Fasilitas papan tulis selalu tersedia di
ruang- ruang kelas
Keterbatasan
a.
Terbatasnya penggunaannya pada kelompok
kecil
b.
Memerlukan keahlian khusus dari
enyajinya (apa lagi jika memerlikan penjelasan verbal)
c.
Mungkn tidak dianggap penting jika
dibandingkandenagn media- media diproyeksikan
d.
Pada saat menilis dipapan, guru
membelakangi siswa, dan jika ini berlangsung lama tentu akan mengganggu suasana
dan pengelolaan kelas.
Proyektor Transparansi
(OHP)
Transparansi
yang diproyeksikan adalah visual baik berupa huruf, lambing, gambar, grafik,
atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastic yang
dipersiapkan untk diproyeksikan kesebuah layar atau dinding melalui sebuah
proyektor.
Kelebihan OHP :
a.
Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat
jelas pada ruangan yang terang sehingga guru dan murid tetap dapat saling
melihat
b.
Dapat menjangkau kelompok yang besar
c.
Guru selalu dapat bertatap muka dengan
siswa Karen aOHP dapat diletakkan didepan kelas, dan dengan demikian ia selalu
dapatmengendalikan kelasnya
d.
Transparansi dapat dengan mudah dibuat
sendiri oleh guru, baik dibuat secara manual maupun yang melalui proses cetak,
sal;in, dan kimia.
e.
Peralatannya mudah dioperasiakn dan
tidak memerlukan perawatan khusus
f.
Memiliki kemampuan untuk menampilkan
warna
g.
Dapat disimpan dan digunakan berulang
kali
h.
Dapat dijadikan pedoman dan penuntun
bagi guru dalam penyajian materi
Keterbatasan OHP :
a.
Fasilitas OHP harus tersedia
b.
Listrik padaruang/ lokasi penyajiaan
harus tesedia
c.
Tanpa layar dapat dimiringkan (misalnya
hanya menggunakan dinding/tembok atau layar lurus), sulit untk mengatasi
distorsitayangan yang berbentuk trapezium (keystoning)
d.
Harus memiliki teknik khusus untuk
pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun penyimpanan.
Rekaman Audiio Tape
Materi
rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau
jenis informasi tertentu. Sudjana &Rivai (1991: 130) mengemukakan hubungan
media audio dengan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan aspek- aspek
keterampilan mendengar. Keterampilan yang dapat dicapai denagn penggunaan media
audio meliputi:
1.
Pemusatan perhatian dan mempertahankan
perhatian
2.
Mengikuti pengarahan
3.
Melatih daya analis
4.
Menentukan arti dari konteks
5.
Memilah- milah informasi atau gagasan
yang relevan dan informasi yang tidak relevan
6.
Merangkum, mengemukakan kembali, atau
mengingat kembali informasi
Keuntungan rekaman
audio tape:
1.
Radio tape telah menjadi peralatan yang
sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan (walkman)
2.
Rekaman dapat digandakan untuk keperluan
perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada dibeberapa tempat pada
waktu yang bersamaan
3.
Merekam peristiwa atau isi pelajaran
untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan
dengan media audio
4.
Rekaman memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu
meningkatkan ketrerampilan mengucapkan, membaca, mengaji atau berpidato
5.
Pengoperasian radio tape relative mudah
Keterbatasan rekaman
audio tape:
1.
Dalam suatu rekaman, sulit menentukan
lokasi suatu pesan atau informasi
2.
Kecepatan merekam dan pengaturan trek
yang bermacam- macam menimbulkan keulitan untuk memainkan kembalirekaman yang
direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya.
Slides
Slides
(film bingkai) adalah suatu film transparansi yang berukuran 35 mm dengan
bingkai 2 x 2 inci. Program kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya
berkisar antara 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi dari 10
sampai 100 buah lebih.
Keuntungan slides :
1.
Urutan gambar (film bingkai) dapat
diubah- ubah sesuai dengan kebutuhan
2.
Isi pelajaran yang sama terdapat dalam
gambar- gambar film bingkai dapat disebarkan dan digunakan di berbagai tempat
secara bersamaan
3.
Gambar pada flm bingkai tertentu dapat
ditayangkan lebih lama dan dengan demikian dapat menarik perhatian dan
membangun persepsi siswa yang sama terhadap konsep atau pesan yang ingin
disampaikan
4.
Film bingkai dapat ditayangkan pada
ruangan masih terang
5.
Film bingkai dapat menyajikan gambar dan
grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada kelompok atau perorangan dengan usia
tiada terbatas
6.
Film bingkai dapat digunakan sendiri
atau digabung dengan suara/ rekaman
7.
Film bingkai dapat menyajikan peristiwa masa
lalu atau peristiwa ditempat lain
Keterbatasan slides:
1.
Gambar dan grafik visual yang disajikan
tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televise atau film
2.
Film bingkai terlepas- lepas, dan ini
merupakan suatu titik keunggulan sekaligus kelemahannya, karena memerlukan
perhatian untuk penyimpanannya agar film- film bingkai itu tidak hilang atau
tercecer
3.
Meskipun biaya produksinya tidak terlalu
mahal, film bingkai masih memerlukan biaya lebih besar daripada pembuatan media
foto, gambar, grafik yang tidak diproyeksikan
Film dan Video
Film
atau gambar hidup merupakan gambar- gambar dalam frame demi frame diproyeksikan
melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar it
hidup. Film bergerak dengan cepat dan bergantian sehingga memberikan visual
yang kontinu. Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu objek
yang bergerak bersama- sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai.
Keuntungan film dan
video :
1.
Film dan video dapat melengkapi pengalaman-
pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan
lain- lain.
2.
Film dan video dapatmenggambarkan suatu
proses secara tepat yang disaksikan secara berulang- ulang jika dipandang perlu
3.
Di samping mendorong dan meningkatkan
motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi- segi afektif lainnya
4.
Film dan video yang mengandung nilai-
nilai positif dapat mengundang pemikiran pemikiran dan pembahasan dalm kelompok
siswa
5.
Film bingkai dapat menyajikan peristiwa
yang berbahaya bila dilihat secara langsung seperti lahar gunung berapi atau
perilaku binatang buas
6.
Film dan video ditunjukkan kepada
kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan
7.
Dengan kemampuan dan teknik pengambilan
gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu dapat ditampilkan dalm satu atau
dua menit
Keterbatasan film dan
video:
1.
Pengadaan film dan video umumnya
memerukan biaya mahal dan waktu yang banyak
2.
Pada saat film dipertunjukkan, gambar-
gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang
ingin disampaikan melalui film tersebut
3.
Film dan video yang tersedia tidak
selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan, kecuali film
dan video itu dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri
Televisi
Televisi
adalahsistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama
suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah
cahaya dan suara kedalam gelombang elektrik dan mengkonversinya kembali kedalam
cahaya yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar.Tevisi pendidikan
adalah penggunaan program video yang dirangcang untuk mencapai tujuan
pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya.
Keuntungan televisi:
1.
Televise dapat memancarkan berbagai
jenis bahan audio- visual termasuk gambar diam, film, objek, specimen, dan
drama
2.
Televise bias menyajikan model dan
contoh- contoh yang baik bagi siswa
3.
Televise dapat membawa dunia nyata
kerumah dank e kelas- kelas
4.
Televise dapat memberikan kepada siswa
peluang untuk merlihat dan mendengar diri sendiri
5.
Televise dapat menyajikan program-
program yang dapat dipahami siswa denagn usia dan tingkatan pendidikan yang
berbeda00 beda
6.
Televise dapat menyajikan visual dan
suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
7.
Televisai dapat menghemat waktu guru dan
siswa
Keterbatasan televisi:
1.
Televise hanya mampu menyajikan
komunikasi satu arah
2.
Televisi pada saat disiarkan akan
berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan- pesannyasesuai
denagn kemampuan individual siswa
3.
Guru tidak memiliki kesempatan untuk
merevisi film sebelum disiarkan
4.
Layar pesawat televise tidak mampu
menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara
rinci gambar yang disiarkan
5.
Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak
memiliki hubungan pribadi denagn guru, dan siswa jadi bersikap pasif selama
penayangan.
Komputer
Komputer
adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi
kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan
sederhana dan rumit. Satu unit komputer terdiri atas empat komponen dasar,
yaitu input, prosesor, penyimpanan data, dan output monitor.
Keuntungan komputer:
1.
Komputer dapat mengakomodasi siswa yang
lamban m enerima pelajaran
2.
Komputer dapat merangsang siswa untk
mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium, atau simulasi karena
tersedianya animasi grafik, warna, dan music yang dapat menambah realism
3.
Kendali berada ditangan siswa sehingga
tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya
4.
Kemampuan merekam aktivitas siswa selama
menggunakan suatu program pembelajaran member kesempatan lebih baik untuk
pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa dapat dipantau
5.
Dapat berhubungan dengan, dan
mengendalikan, peralatan lain seperti compact disc, video tape, dan lain- lain
dengan program pengendalian dari komputer
Keterbatasan computer :
1.
Meskipun harga perangkat keras komputer
cenderung semakin menurun (murah), pengembangan perangkat lunaknya masih
relatif mahal
2.
Untuk menggunakan komputer diperlukan
pengetahuan dan keterampilan khusus tentang komputer
3.
Keberagaman model komputer (perangkat
keras) sering menyebabkan program (software) yang tersedia untuk satu model
tidak cocok (kompatibel) dengan model lainnya
4.
Program yang tersedia saat ini belum
menperhitungkan kreativitas siswa, sehingga hal tersebut tentu tidak akan dapat
mengembangkan kreativitas siswa
5.
Komputer hanya efektif bila digunakan
oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil
Makalah media pembelajaran
Oleh kelompok 8
Anggota:
1.
Al kodri
2.
Megawanora
3.
Dita Dwinta
4.
Masnun Sarah Ayu
Universitas Muhammadiyah Palembang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar